Monday 23 November 2015

Kandungan dan manfaat teripang

Kandungan dan manfaat teripang – Teripang atau disebut juga timun laut merupakan istilah yang diberikan untuk hewan invertebrata Holothuroidea yang dapat dimakan. Teripang merupakan jenis hewan laut yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu. Teripang merupakan komponen penting dalam rantai makanan di terumbu karang dan ekosistem asosiasinya pada berbagai tingkat struktur pakan. Jenis hewan laut ini tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam, sehinggan mudah ditemukan. Banyak sekali jenis teripang yang ada, tidak kurang ada sekitar 29 jenis teripang yang saat ini dan menjadi komoditas perdagangan global yang memiliki nilai jual dan nilai ekonomis tinggi.
kandungan teripang

Kandungan yang terdapat pada teripang

Berdasarkan beberapa hasil penelitian teripang memiliki kandungan protein yang tinggi, kandungan proteinnya mencapai 82% sedangkan lemaknya hanya 1,7%. Selain itu kandungan lainnya adalah vitamin dan mineral lain sehingga sangat baik digunakan sebagai bahan pangan dan juga sebagai suplemen gizi bagi wanita hamil. Dengan kandungan gizi dan senyawa yang dapat bermanfaat besar, manfaat teripang juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian modern yaitu memiliki banyak efek pengobatan, seperti dapat mempercepat penyembuhan luka, digunakan sebagai antikoagulan dan antitrombotik, menurunkan kadar kolesterol dan juga lemak darah. Selain itu teripang juga bisa digunakan sebagai antikanker, antitumor, antibakteri, peningkat sistem imun tubuh, antijamur, antivirus, antimalaria, antihipertensi dan antirematik.

Manfaat teripang untuk kesehatan tubuh

Selain enak dikonsumsi binatang laut Teripang atau dalam bahasa inggis Sea Cucumber ini juga memiliki manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di beberapa universitas di Malaysia selama beberapa tahun menunjukkan bahwa teripang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita yaitu diantaranya untuk : melancarkan peredaran darah, menyembuhkan nyeri persendian, untuk mengatasi gangguan pencernaan dan pernafasan, mengobati kencing manis / diabetes, hipertensi, anemia, melancarkan fungsi ginjal, antiseptik luka, meningkatkan kadar metabolisme, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, dan juga untuk mengatasi penyakit jantung. dan masih banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari hewan laut teripang laut ini.
Sebenarnya penggunaan teripang sebagai antiseptik tradisional dan obat serbaguna untuk mengatasi berbagai penyakit sudah dikenal sejak 500 tahun lalu oleh masyarakat pulau Langkawi, Malaysia. Air teripang ini biasanya diminumkan kepada ibu-ibu yang habis melahirkan untuk menghentikan pendarahan, atau juga untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada anak-anak mereka yang habis dikhitan.
Itulah beberapa kandungan dan manfaat teripang laut yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh kita, terlebih gaya hidup modern dan pola makan yang instan yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan sesungguhnya tuhan tidak akan menciptakan makhluk dengan sia-sia.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Blog Archive

Powered by Blogger.