Sunday 1 November 2015

Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh

MANFAAT DAUN SIRSAK UNTUK KESEHATAN TUBUH
Sejak puluhan tahun yang lalu, manfaat daun sirsat sudah diketahui oleh para ilmuwan. Bahkan salah satu manfaatnya yang paling ampuh adalah untuk membantu pasien penderita kanker. Daun sirsat sendiri merupakan sebuah tumbuhan yang asalnya dari kawasan Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Rasanya cukup unik dan nikmat, apalagi jika dinikmati dalam bentuk minuman dingin. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah sirsat ini cukup efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi ternyata bukan hanya buahnya, melainkan daun sirsat pun memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari manfaat daun sirsak untuk diabetes, asam urat hingga penyakit kolesterol. Bahkan Korea juga sudah melakukan sebuah penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa senyawa kimia yang terkandung pada daun sirsat ini mampu membunuh sel kanker. Luar biasa, bukan? Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih jauh lagi mengenai apa saja manfaat daun sirsat untuk kesehatan tubuh manusia.
Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat, Kolesterol dan Diabetes

Seperti yang tadi sudah kami bahas, bahwa salah satu manfaat daun sirsat ini adalah sebagai obat untuk penyakit asam urat. Hal ini memang sudah diakui sejak zaman dahulu, karena daun sirsat dinilai mampu mengatasi asam urat dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu sebenarnya masyarakat Indonesia tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia. Lalu bagaimana cara membuat ramuan dari daun sirsak untuk obat asam urat?

Caranya cukup mudah, berikut akan kami jelaskan secara lebih terperinci. Nah, yang perlu Anda persiapkan pertama kali adalah lima lembar daun sirsat muda. Setelah itu rebus daun-daun tersebut dengan air bersih sampai mendidih. Setelah mendidih, tunggulah beberapa saat sampai rebusan daun tersebut dingin. Bagian yang dimanfaatkan adalah air rebusannya, yang biasanya cukup Anda minum tiga kali sehari. Minumlah ramuan tradisional dari daun sirsat ini secara rutin supaya asam urat Anda bisa sembuh dengan waktu yang cepat.

Selain itu ada juga manfaat daun sirsak untuk diabetes, di mana cara ini juga sudah sering dilakukan sejak zaman dahulu. Namun di era modern ini, ternyata juga banyak penelitianyang sudah membuktikan bahwa daun sirsak memang cukup efektif untuk menangani penyakit diabetes. Tak bisa dipungkiri bahwa kecanggihan teknologi mampu membuktikan keampuhan ramuan tradisional daun sirsak ini untuk bisa mengobati diabetes. Bahkan bukan hanya itu, karena ramuan ini juga bisa mengatasi hipertensi. Penyakit yang pada umumnya memang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia.

Untuk pembuatan ramuannya, sebenarnya sama seperti cara membuat ramuan daun sirsak untuk obat asam urat. Siapkan daun yang masih muda, lalu rebus daunnya dengan air bersih sampai mendidih. Setelah itu dinginkan airnya lalu ambil airnya untuk dikonsumsi. Nah, bagi Anda yang menderita diabetes ataupun hipertensi, minumlah ramuan ini pada malam hari sebelum tidur. Bagi para penderita hipertensi, ramuan tradisional ini dinilai mengandung banyak zat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Minumlah secara rutin supaya metabolisme di dalam tubuh Anda semakin lancar.

Manfaat daun sirsak yang lainnya adalah untuk mengatasi kolesterol tinggi di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kolesterol di dalam tubuh memang harus dijaga dengan baik. Pasalnya jika kadar kolesterol sudah mulai berlebihan, maka justru akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Bagi Anda yang sudah mengalami kolesterol tinggi ataupun bagi Anda yang ingin menjaga supaya kadar kolesterol di dalam tubuh tetap stabil, rajin-rajinlah mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Pasalnya manfaat daun sirsak untuk kolesterol memang dinilai cukup efektif dan manjur.

Ada banyak zat penting di dalam tubuh yang memang bisa membuat kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi normal. Untuk pembuatan ramuanya masih sama dengan cara pembuatan ramuan tradisional dari daun sirsak untuk mengatasi diabetes dan asam urat. Minumlah secara rutin sebanyak dua kali setiap hari untuk bisa membuat kadar kolesterol Anda menjadi stabil. Bahkan bukan hanya daunnya saja, namun jus buah sirsak juga dinilai cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Jadi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk lebih sering dan rutin mengonsumsi dua minuman tradisional tersebut.
Manfaat Daun Sirsat yang Lain untuk Kesehatan TubuhBagi Anda yang ingin terhindar dari berbagai macam penyakit atau ingin menyembuhkan penyakit, daun sirsak adalah salah satu bahan alami yang dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, setelah tadi Anda mengetahui manfaat daun sirsak untuk diabetes, asam urat dan juga untuk kolesterol, kali ini kami akan membahas beberapa manfaat daun sirsat lainnya untuk kesehatan.

Yang pertama, daun sirsak dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini jelas sangat membantu bagi Anda yang mungkin tengah menjalankan program diet atau memang sering melakukan aktivitas yang menguras fisik. Bahkan daun sirsak ini juga dinilai bisa mencegah infeksi pada tubuh. Buatlah ramuan tradisional rebusan daun sirsak, lalu minumlah secara rutin sebanyak satu kali sehari.

Bukan hanya meningkatkan kekebalan tubuh, akan tetapi daun ini juga bisa bermanfaat mengatasi rasa sakit atau nyeri pinggang. Rasa nyeri ini mungkin akan sering dialami oleh Anda yang pekerjaan sehari-harinya dihabiskan dengan duduk selama berjam-jam. Misal bekerja sebagai operator komputer, sopir mobil, dan sebagainya. Sama seperti sebelumnya, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi secara rutin ramuan tradisional daun sirsak untuk sebanyak sekali sehari supaya mendapatkan manfaat daun sirsat secara maksimal.
Manfaat Daun sirsak sebagai pengobatan asam urat :
Konsumsi daun sirsak dapat membantu dalam mengobati asam urat yang anda derita. Bahkanbanyak obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.
Penggunaan :Untuk menggunakan daun sirsak sebagai obat asam urat, rebus 6 sampai 10 daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau yang telah dicuci. Rebus daun dalam 2 gelas air dan didihkan sampai satu gelas saja. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari untuk manfaat maksimal.

Ada satu yang unik mengenai daun sirsak, yaitu bisa membantu Anda baik pria atau wanita untuk menghilangkan kutu rambut. Benarkah? Menjengkelkan sekali rasanya ketika rambut menjadi sangat gatal karena menjadi “sarang” kutu. Rebusan daun sirsak ini juga bisa Anda oleskan pada rambut Anda dan bisa mengusir kutu-kutu tersebut. Bukan hanya yang ada di rambut, akan tetapi kutu tempat tidur juga bisa loh diusir dengan rebusan daun sirsak. Untuk tubuh bagian luar, daun ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit tubuh, diantaranya untuk menghilangkan bisul dan juga menghilangkan eksim.

Namun cara membuat ramuan tradisionalnya mungkin agak berbeda karena yang Anda buat bukanlah dalam bentuk cair atau minuman. Nah, tumbuklah daun sirsak muda dan tempelkan pada bagian-bagian kulit yang mengalami gangguan. Lakukan hal ini secara rutin supaya Anda mendapatkan manfaat daun sirsat secara maksimal.
Jadi, kurang lebih seperti itulah beberapa manfaat daun sirsak untuk asam urat, diabetes, kolesterol, dan juga beberapa masalah kesehatan tubuh lainnya. Namun supaya lebih aman, ada baiknya Anda mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Tanyakan apakah daun sirsak ini memang benar-benar aman bagi Anda atau justru bisa menimbulkan alergi atau masalah lainnya. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Blog Archive

Powered by Blogger.