Monday 9 November 2015

Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih. Apakah Anda tidak menyukai bau dari bawang putih? Walaupun bawang putih memiliki bau yang tidak enak, namun bawang putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Bawang putih termasuk rempah-rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, India, dan negara-negara lainnya. Makanan yang dianggap tidak lengkap apabila tidak ditambahkan dengan bawang putih di dalamnya. Bawang putih memberikan rasa yang berbeda pada makanan. Selain digunakan sebagai salah satu bahan masakan, bawang putih memiliki berbagai manfaat lainnya.

Bawang putih kaya akan senyawa seperti allicin, sulphur, zinc, serta kalsium yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, kecantikan serta sifat antibiotik dan antijamur. Bawang putih juga merupakan salah satu sumber yang kaya akan mineral yang dikenal sebagai selenium. Selenium diketahui dapat melawan kanker dan bekerja dengan vitamin E dalam tubuh untuk meningkatkan kekuatan antioksidan. Bawang putih juga berperan sebagai pengencer darah karena kandungan salisilat nya. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kesehatan peredaran darah. Berikut manfaat bawang putih.


Manfaat Bawang Putih


  1. Mengobati Asma
  2. Mengobati Sakit Tenggorokan
     


    Caranya dengan mencampurkan jus bawang putih dengan air panas dan berkumurlah untuk mengobati sakit tenggorokan.
  3. Mengatasi Jerawat
  4. Anti Penuaan dan Mengecilkan Pori-Pori. Bawang putih dapat bermanfaat sebagai anti penuaan dan dapat mengecilkan pori-pori. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu dalam melawan berbagai serangan radikal bebas. Bawang putih juga mengandung sulfur, yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, sehingga dapat membantu dalam mengatasi keriput. Bawang putih juga mengandung senyawa polifenol. Hancurkan beberapa buah bawang putih dan tambahkan ke dalam jus, gunakan sebagai masker wajah biasa yang dapat mencegah penuaan dini dan jangan sampai terkena mata. 
  5. Mengobati infeksi jamur kulit
    Bawang putih bersifat anti-jamur yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur kulit seperti infeksi jamur kulit pada kaki. Potong-potong beberapa siung bawang putih dan taruh di atas daerah yang terkena infeksi jamur kulit. Tutupi dengan menggunakan kain kasa dan biarkan semalaman. Pada pagi harinya, cuci kaki Anda sampai bersih dan oleskan minyak bawang putih pada daerah yang terkena infeksi jamur kulit, lalu tutup dengan kaus kaki. Ulangi proses tersebut selama beberapa hari.

    Tips Menggunakan Bawang Putih 
    Bawang putih mengandung allicin yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih dapat hancur apabila Anda menggunakan microwave.

    Pastikan Anda menggunakan bawang putih sangat hati-hati. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang apabila sering digunakan pada kulit dapat mengakibatkan lecet dan ruam. Lakukan tes terlebih dahulu untuk memasikan bahwa bawang putih tidak menyebabkan reaksi apapun. Karena sifat dari bawang putih tersebut, membuat masker kulit dan rambut dari bawang putih tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki kulit yang sangat sensitif.

    Itulah 18 manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan.  Alangkah baiknya, ketahui terlebih dahulu apakah Anda memiliki kulit yang bagaimana. Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan bawang putih sebagai bahan dasar masker kulit dan rambut.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Blog Archive

Powered by Blogger.